Google baru aja mendapat paten yang memungkinkan ada iklan dalam produk teranyar mereka, kacamata google. Dalam situs mashable.com, paten yang diperoleh pada Selasa 13 Agustus 2013 akan mengatur bagaimana bayaran bagi pemasang Iklan.
Google menetapkan harga berdasar berapa banyak tatapan yang diterima produk pengiklan ketika pengguna memakai kacamata baik offline maupun online. Perusahaan ini menyebut proses bayaran sebagai "harga per tatapan" atau "pay-per-gaze".
Paten tersebut memang tidak secara spesifik menyebut untuk kacamata Google. Tapi paten untuk sistem yang memiliki proses pelacakan dengan tatapan pada sebuah alat yang dipasang di kepala sebagai perangkat pelacak. Penjelasan paten itu masih ditambahi dengan piranti yang menggunakan telinga pengguna dan lensa yang bisa menangkap gambar secara real time. Gambaran yang mirip dengan kacamata Google.
Padahal ketika diluncurkan, kacamata google menyatakan bahwa pengembang teknologi tidak akan diizinkan untuk memasang iklan.
Paten ternyata juga membolehkan Google untuk menangkap kondisi emosional penggunannya ketika mengamati suatu pemandangan. Artinya, Google bisa mengidentifikasi dan mengumpulkan emosi penggunanya untuk melihat respon terhadap iklan yang mereka pasang. Sedikit friksi dengan isu privasi.
sumber : yahoo
No comments:
Post a Comment